Pencarian Berita
Home » Berita & Artikel » 5 Hal Penting Instalasi Listrik

5 Hal Penting Instalasi Listrik

Minggu, 18 Nov 2012 18:00 WIB

Saat ini listrik tidak dapat dipisahkan dari segala aktivitas di rumah. Begitu penting perannya, namun masih banyak pengguna listrik yang masih awam dengan hal-hal yang semestinya diperhatikan.Arus listrik tidak bisa dianggap sepele. Ia bukan hanya dari soal input setrum, namun jalur  hingga output . Dengan kata lain, Anda perlu mengenali lebih rinci soal spek bahan, daya hantar kabel, dan pengaruh arus terhadap perubahan cuaca.

Simak 5 hal yang wajib Anda perhatikan saat membuat jaringan listrik baru.

1.      Stop Kontak

Perhatikan jarak ideal titik stop kontak dari lantai adalah antara 1-2 meter. Pastikan tidak memberi beban berlebih, satu stop kontak idealnya dapat dicabang dengan satu T-steker hingga 4 percabangan.

2.      Kabel

Jangan asal membeli kabel, sesuaikan dengan daya yang dihantarkan. Kabel Listrik berpenghantar tembaga dan berisolasi PVC yang terpasang secara permanen di dalam rumah Anda harus dengan ukuran minimal 2,5mm2, berapapun jumlah daya listrikyang terpasang dan hanya boleh di aliri listrik maksimal 10A. Gunakanlah kabel berukuran 4mm2 Jika arus listrik berada di antara 10A - 16A.

3.      Grounding

Grounding  atau arde pada instalasi listrik adalah sebagai pencegahan terjadinya kontak antara makhluk hidup dengan tegangan listrik yang terekspos akibat terjadi kegagalan isolasi. Grounding dalam rumah Anda terpasang dengan dua macam yaitu untuk instalasi listrik rumah dan instalasi penangkal petir. Dua sistem grounding ini memang harus dipisahkan pemasangannya dan berjarak paling tidak 10m.Koneksi grounding  untuk instalasi listrik rumah terpasang di kWh meter PLN.

4.      Hujan dan Kebocoran

Sebaiknya tidak melakukan perbaikan dikala hujan lebat atau terjadi kebocoran atap rumah, hal tersebut erat kaitannya dengan air sebagai penghantar listrik, sehingga sering terjadi hubungan arus pendek atau konsleting. Juga jangan melakukan perbaikan instalasi listrik dikala terjadi petir dan kilat yang menyambar-nyambar.

5.      Pengecekan Periodik

Lakukan pengecekan instalasi listrik secara periodik dengan menggunakan jasa petugas atau biro yang terpercaya. Jika dikemudian hari terdapat permasalahan instalasi, Anda dapat menghubungi mereka kembali untuk melakukan perbaikan,atau melakukan penambahan terhadap instalasi yang ada.